Das biobio Mädel

natürlich frisch, ohne Geschmackverstärker.

Montag, April 27, 2009

emmm...emmm...

Satu hal yang membuat saya menjadi orang yang begitu pendiam sekali di jerman ini adalah masalah bahasa. Gilaaa...secerewet cerewetnya orang di rumah saya adalah saya. Bahkan mungkin di tempat tinggal saya sekarang, yang jadi orang paling cerewet adalah saya. Semua diceritain, semua ditanyain, bahkan kadang semuanya dibahas. Kenapa bisa begini kenapa bisa begitu. Engga takut namanya berargumen, engga takut adu pendapat, kalo marah juga ngomong.

Tapi kebawelan saya di atas itu cuman berlaku sama orang Indonesia saja, alias orang pribumi. Dengan kata lain cuman sama orang yang bisa berbahasa seperti saya. Bahasa yang saya kuasai, bisa lancar, engga perlu mikir klo mau ngomong. Bahasa yang saya bisa dengan penuh percaya diri NJEPLAK tanpa musti tada perasaan takut salah.

Semenjak di jerman, satu2 nya masalah saya *selain masalah duit* yang teramat sangat membebani adalah masalah BAHASA dan bingung bagaimana musti ngadepin orang jerman yang kulturnya beda. Ya sampai detik ini sih saya masih gitu2 aja, padahal udah 3 tahun di jerman. Tapi dalam benak saya, saya selalu berkeinginan lebih dan lebih mengenal teman2 jerman saya. Pengennya kayak temenan di indo yang serba bersama2..Yah itu sepertinya juga tidak mungkin, mengingat orang jerman engga banyak2 banget kumpul2.

Klo mereka cerita sesuatu di kelas, saya cuman bisa ngangguk,geleng2, komentar singkat saja, kayak "Oh ya?", "Waaah...keren". Dan begitu2 saja. Kadang cuman nanya dikit2. Tapi klo udah giliran saya untuk bercerita, paling banyak 5 kalimat. Hehehe...Klo udah giliran cerita menceritakan saya kurang bisa banyak2. Mungkin bukan masalah gramatik juga, tapi masalah ekspresi dan bagaimana memberikan nada yang PAS. Hehehehe..alesan.

Berasa memiliki kepribadian ganda.*set daaah*.Abisan seperti bagian diri saya yang lain engga mau jadi pendiam, tapi keadaan atau situasi membuat saya jadi seseorang yang bukan diri saya. Mungkin sama temen jerman saya, saya dipikirnya orang yang pendiam, membosankan, rendah diri, tapi cantik...*engga banget*

Barusan saya ke supermarket ketemu sama temen sekelas saya. Hmm...
Sapa menyapalah kami. Tapi saya terlalu bingung mau ngomong apa. Paling cuman "Hai, apa kabar? Lagi belanja apa?". Njuk dieeeem...
*saya mikir sesuatu untuk diomongin, dia sepertinya juga begitu*. Sehingga yang terjadi adalah adegan sinetron, yang dimana saya tengok kanan kiri sambil senyum, dia tengok atas bawah sambil senyum dan mikir. Karena jarang2 ketemu dan engga begitu kenal, jadinya malah bingung. Nah Loh??

Kadang saya semakin dibikin bingung kalo ketemu teman yang pendiam. Karena saya kan di sini ceritanya adalah orang yang pendiam *kepribadian ganda saya yang pendiam*. Udah mana saya pendiam klo sama orang jerman, ditambah dia juga pendiam. Yang ada malah semua maen patung patungan, siapa yang bisa paling lama jadi patung. Hihihihi...Dan sebaliknya saya lumayan senang klo ketemu temen yang cerewet dan banyak nanya. soalnya bisa menghidupkan suasana, dan saya jadi engga kikuk banget. Sayangnya orang jerman yang aktif nanya, dan banyak bahan pembicaraan bisa diitung pake jari.

Pernah juga saya ketemu teman sekelas saya, dan partner yang biasanya cuman bilang HAI klo ketemu di kelas, dan bilang CCUUUUSSSSIII klo pulang. Dia lagi ada di depan supermarket milih2 cokelat. Dan saya tiba2 mau melewati dia doank. Saya sapa dengan HAI dan nama DIA, yang saya sebetulnya kurang yakin namanya dia benar atau tidak. Tapi saya mau PEDE aja lagi dan berusaha CUEK.
Saya : "Hai...T******a" *PEDE mode ON banget plus agak mikir mau ngomong apa..*
Temen :"Hai..."
S :"Waaaah..lagi belanja yaaah..." *ya iyalah masa lagi cuci baju di supermarket*
T :"Iya nih.."
S :"...." *kebingungan melanda jiwa dan sekujur tubuh"
T :"...." *Si teman bingung juga sepertinya*
S :"Waaah..kamu belanja banyak banget yaah hari ini.." *nyeplos aja daripada garing kayak keripik*
T :"Haaa??...ya lumayan..."*sambil senyum2...
Saya menyesal banget ngomong kalo dia udah belanja banyak banget, karena keranjang teman saya itu sama sekali belom keisi sama barang belanjaan. saya malu dan langsung bilang, "oke aku duluan yaa..".
Langsung buru2 bayar di kasir.

Jadi kadang cuman bilang HAI saja dan apa kabar sepertinya CUKUP. Engga ada banyak basa basi lagi, daripada yang terjadi adalah adegan sinetron seperti di atas.

posted by Jesi 3:39 PM  

5 Comments:

  • At 3:57 PM, Blogger Ms_Sagasha said…

    sama mbak jess gwe juga anti sosial bgt klo di fh
    paling banter cuman wie gehts?
    hohohohohohohoho
    malah dulu partner labor gwe ngira gwe nggak bisa bhs jerman wkakakakakakakaka

     
  • At 7:13 PM, Blogger Jesi said…

    wakakakakak..ngakak gue bet...
    iya?? sampe ada ynag ngira gak bisa basa jerman?

    iya abisan mau sok kenla juga bingung.hihihi..suka bingung mau ngapa2in mah sama orang jerman.
    btw, blog lo gue link ya bet...hehe...

     
  • At 8:35 AM, Blogger Ms_Sagasha said…

    jadi malu mbak jess blog say mah isinya ttg curhatan semua kan gwe narsis hohoho

    ok gpp :)

     
  • At 8:19 PM, Anonymous Anonym said…

    hahaha
    mba Jes you're not alone koq

    gue juga kadang2 gitu =D

    -Nurry-

     
  • At 7:08 AM, Blogger Jesi said…

    aduuh..jeng beth...gue seneng kali baca blog lo...menginspirasi...*tsaaah...

    iya jeng nurry ya?? yah..kita semua memang butuh waktu kali yah..mao SKSD juga males sih..hihihihi...

     

Kommentar veröffentlichen

About Me:

Links:

  • okke sepatu merah
  • raditya dika
  • mpok jane-neng sarah
  • mpok jane-neng sarah I
  • ninit yunita
  • aditya mulya
  • the big ten
  • cidotz
  • riska
  • tetha
  • karina
  • primbon
  • catatan revolusi
  • rimeti
  • taman
  • franz dkk
  • ichaichaparadise
  • nadiaraisya
  • titish A.K.
  • maya dewintya
  • dimasariyo
  • betranti
  • Previous Posts:

  • hitam hitam melati
  • iritating
  • kembar
  • TM
  • truk gandeng
  • pertamax gaaan
  • House Music
  • marley and me
  • timun suri
  • hundert
  • Archives:

  • September 2006
  • Oktober 2006
  • November 2006
  • Dezember 2006
  • Januar 2007
  • Februar 2007
  • März 2007
  • April 2007
  • Mai 2007
  • Juni 2007
  • Juli 2007
  • August 2007
  • Oktober 2007
  • Februar 2008
  • Juli 2008
  • September 2008
  • November 2008
  • Februar 2009
  • März 2009
  • April 2009
  • Juni 2009
  • Juli 2009
  • August 2009
  • September 2009
  • November 2009
  • Dezember 2009
  • Januar 2010
  • Februar 2010
  • Juli 2010
  • Februar 2011
  • Oktober 2011
  • November 2011
  • Dezember 2011
  • Tagboxs


    Waktu