Das biobio Mädel

natürlich frisch, ohne Geschmackverstärker.

Dienstag, März 03, 2009

terasi

Hampir semua orang indo suka sama benda item nan berbau menyengat...si Mbak TERASI.
Dulu di Indo hampir semua makanan dipakei terasi..apalagi sambel terasi. Di sini nyari terasi susah yah..Adanya sejenis pasta udang gitu dan baunya gak gitu nyengat.

Ngomong2 soal terasi, ada salah satu temen saya yang serumah sama orang jerman. Kamarnya sendiri2 tapi dapur sama kamar mandinya barengan (WG). Suatu hari dia ngidam makanan pake terasi. Trus dia masakalah masakannya dia dipakein terasi gitu. Langsung tuh serumah heboh. Dia ditanyain temen jermannya,"Kamu masak apa? Masak sampah ya??"..
Wakakakakak..kasian bener doi. Dia ngejelasin itu pasta ikan khas indo..tapi si Jerman masih heran kok ada orang yang makan kayak gitu. Bau nya aja kayak sampah..Hahahaha...

Nah, karena temen saya ada yang bawa terasi dari Indo, maka saya pun kecipratan deh, dikasih sebungkus kecil. Sebenernya sih saya juga gak sebegitu nge-fansnya sama terasi sih. Tapi kalo ada yah kadang dipake, kadang di stock buat jaga2. Enak kalo dibikin sambel. Tapi sekalinya ditumis, semua jendela dapur dan rumah harus dibuka lebar2, walopun dinginnya setengah mateng. Soalnya baunya memang langsung menusuuuk hidung, apalagi dicampur sama cabe tumis, langsung hatchi hatchi deh...

Ada salah satu temen rumah saya yang jago banget bikin nasi goreng sama mie goreng. Kayak abang2 gerobak gitu deh rasanya. Semenjak ada terasi apalagi.Makin enak aja masakannya dia. Hari ini saya dimasakin mie goreng Jawa, pedes pake terasi ditambah kreasinya pake daging sapi diiris kecil2. Wuuiiihhh manteb banget dah...sewajan abis juga sama saya. Rasa daging sapinya enaaak tenan.

Tiba2 keenakan saya itu jadi musibah! Ada daging sapi gadungaaaann!! Sialan banget lah..Disaat makan dengan sumpit nyaman2nya, bisa milih mau makan daging2nya dulu, ada rasa anaeh banget di lidah saya, rasa "hoeaaaakkksss" yang meradang tiba2 menginfeksi lidah saya. Padahal saya yakin saya makan daging sapi!
ternyata setelah saya sadari sepertinya rasanya kenal deh. Dan itu adalah siluman daging sapi alias "terasi-segede-dagingsapi-yang-tidakbisa-hancur-saat-dimasak".
Anjiiirrrr...terasi segede kuku jempol saya, saya kunyah mentah2..
HOOEEEEKK BGT! Edan...baru ngerasain rasa terasi yang sebenernya.

Ihh..amit2...ya olooh..ternyata si terasi tuh kalo dirasain tanpa apapun rasanya begitu yah? Gak seenak..malah jaauuh bgt rasanya sama klo dicampurin sama makanan.
Wiih..jangan coba2 sendiri yah. Biarkanlah saya seorang diri yang berkorban untuk semua manusia penyuka terasi di dunia, yang berani dan penuh jiwa pahlawan mencoba seonggok terasi asli tanpa campuran apapun! Biarkalah saya berkorban teman2..biarkan saya sajaaa..jangan halaangi akuu...*tsah..sinetron*

Wuih..rasanya gak bisa diungkapkan dengan kata2. Lebih parah dibandingin waktu saya gak sengaja makan tai ayam sama tai cicak waktu kecil. *kapan2 saya ceritakan kisahnya*. Tapi ini betul2 bencana...
Kata orang klo kita ngeliat pembuatan terasi bakalan gak mau makan lagi seumur idup, soalnya katanya lagi terasi dibikin dari ikan2 atau udang2 yang udah busuk. WEW! Emboh aslinya gimana gak tau deh..mending gak usah tau aja.
Tapi ngerasain dasyatnya rasa terasi, jadi bikin saya tak sesuka dulu lagi sama mbak trasi...Sorry ya mba trasi...

posted by Jesi 9:37 PM  

0 Comments:

Kommentar veröffentlichen

About Me:

Links:

  • okke sepatu merah
  • raditya dika
  • mpok jane-neng sarah
  • mpok jane-neng sarah I
  • ninit yunita
  • aditya mulya
  • the big ten
  • cidotz
  • riska
  • tetha
  • karina
  • primbon
  • catatan revolusi
  • rimeti
  • taman
  • franz dkk
  • ichaichaparadise
  • nadiaraisya
  • titish A.K.
  • maya dewintya
  • dimasariyo
  • betranti
  • Previous Posts:

  • boring sunday
  • pfennig bazar
  • morgen
  • jiwa raga
  • twentysomething
  • poker
  • gejolak
  • kresek
  • nguli
  • deit?
  • Archives:

  • September 2006
  • Oktober 2006
  • November 2006
  • Dezember 2006
  • Januar 2007
  • Februar 2007
  • März 2007
  • April 2007
  • Mai 2007
  • Juni 2007
  • Juli 2007
  • August 2007
  • Oktober 2007
  • Februar 2008
  • Juli 2008
  • September 2008
  • November 2008
  • Februar 2009
  • März 2009
  • April 2009
  • Juni 2009
  • Juli 2009
  • August 2009
  • September 2009
  • November 2009
  • Dezember 2009
  • Januar 2010
  • Februar 2010
  • Juli 2010
  • Februar 2011
  • Oktober 2011
  • November 2011
  • Dezember 2011
  • Tagboxs


    Waktu